5.3.14

Video handphone Pertama Yang Tampil di Blitzmegaplex Indonesia

Beberapa waktu lalu Oppo Mobile Indonesia mengadakan community gathering yang bertempat di Blitz Megaplex Pacific Place. Yup, kamu tidak salah baca, gathering ini bertempat di salah-satu bioskop besar di bilangan Jakarta. Ini bukan tanpa alasan, karena Oppo bekerja sama dengan komunitas Fotodroids menampilkan sebuah video hasil dari kamera Smartphone.


Adalah Johanes Juda (twitter @johjuda) dan Yopie Suryadi (@yopiesuryadi) sebagai penggagas project ini, yang ingin mendokumentasikan Jakarta dengan selogan #SnapJoy. “Kami percaya bahwa di tengah berbagai polemik dan masalah yang melanda Jakarta, kita tetap dapat menikmati Jakarta dalam Enjoy Jakarta”, terang Yopie Suryadi saat membuka presentasi. Enjoy Jakarta sendiri merupakan selogan pariwisata dari pemprov. DKI Jakarta.
@johjuda dan @yopiesuryadi

Dibantu oleh Naren Kameshwara (@nareend) dan Theo Rahmanto (@theomator), dokumentasi ini dituang dalam dua bentuk video time lapse dan stop motion, yang merupakan dokumentasi dari perjalanan mengelilingi kota Jakarta. Kedua video ini diambil menggunakan kamera Smartphone Oppo N1 yang memiliki kamera unik. Tidak saja sensor kameranya yang besar, 13 Megapixel, namun juga dapat berotasi 270 derajat.

Walaupun disebut video, namun sebenarnya kedua teknik ini termasuk bagian dari fotografi atau dalam hal ini disebut mobile-photography, karena menggunakan kumpulan dari ratusan bahkan ribuan foto.


“Ini adalah ide yang gila”, Joh Juda memulai penjelasannya, “bagaimana awalnya ini hanya sesederhana membuat video untuk bersenang-senang, namun menjadi sebuah ide untuk menampilkannya pada sebuah layar raksasa sebesar di Blitz Megaplex”. Joh melanjutkan, “Awalnya saya sendiri ragu, apa mungkin video dari smartphone dapat ditayangkan di layar super besar tanpa pecah atau terlihat jelek. Namun nyatanya, kualitasnya lebih dari yang saya bayangkan. Trima kasih untuk Oppo Mobile yang mendukung sepenuhnya gagasan dan project ini sehingga dapat terlaksana”.

Memang saat Gopego melihat sendiri bagaimana video tsb ditampilkan pada layar Blitz Megaplex, hampir tidak dapat dipercaya jika video-video tersebut dibuat hanya menggunakan kamera Smartphone.


Joh Juda menambahkan apa yang mereka lakukan ini bukan sebuah unjuk kebolehan, namun lebih kepada sebuah milestone baru. Ini adalah video hasil smartphone pertama yang ditampilkan pada sebuah giant screen bioskop di Indonesia. Mungkin tidak lama lagi kita dapat melihat sebuah film di bioskop yang dibuat dengan menggunakan kamera Smartphone.

Buat anda yang penasaran dengan video-video tersebut, dapat melihatnya di sini dan di sini.

Anda juga dapat memfollow akun twitter Fotodroids di @fotodroids untuk bergabung dengan komunitas mereka.

0 komentar:

Posting Komentar