19.7.14

Talkshow Smartphone-Photography Bersama Arbain, Dita, dan Juda

Dalam rangka ulang tahunnya yang ke 47 tahun, PPM Management menggelar serangkaian acara dengan tema "Mengangkat Keunggulan Indonesia Sebagai Modal Daya Saing Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN".

Kegiatan ini meliputi lomba foto, baik kategori DSLR maupun smartphone dengan total hadiah 50 juta rupiah. Selain lomba foto, juga diadakan talkshow mengenai Smartphone Photography dengan judul, "Nasionalisme Kini Versi Kami" yang berlangsung hari Jumat, tanggal 18 Juli lalu.


Talkshow yang bertempat di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia ini mengundang tiga narasumber fotografer yang juga praktisi smartphone-photography, yaitu Arbain Rambey (@arbainrambey), redaktur foto sekaligus fotografer senior Kompas, Dita Alangkara (@ditaalangkara), chief fotografer AP (Associated Press) untuk Indonesia, dan Johanes Juda (@johjuda) founder dari komunitas Fotodroids.

Talkshow ini dimulai dengan pembahasan kekhasan dan perbedaan memotret dengan kamera Smartphone dibanding kamera DSLR. "revolusi kamera saat ini adalah DSLR mulai tergantikan dengan kamera mirrorless, dan kamera saku mulai tergantikan dengan kamera Smartphone", ujar Arbain. "teknologi kamera smartphone tahun 2013 ke atas sudah jauh diatas hasil kamera full frame tahun 2003", tambah Arbain yang mengaku sebentar lagi akan mengeluarkan buku foto yang semuanya diambil menggunakan kamera smartphone.

Dita menambahkan, "apapun kameranya, baik itu DSLR atau smartphone, itu semua hanya alat. Walaupun sebuah kamera memiliki keterbatasan secara teknis, namun bukan berarti kita tidak dapat bercerita dengan gambar dari sisi lain". Dita memberi contoh dengan pemotretan sport yang memerlukan kamera, lensa dan perlengkapan yang mahal. Walaupun kamera sederhana mungkin tidak akan mampu merekam aksi pemain yang ada di lapangan rumput, namun bukan berarti kamera Smartphone tidak dapat bercerita mengenai pertandingan tsb. Banyak sisi yang dapat digali dan dituang menjadi sebuah cerita.

Talkshow semakin bertambah seru saat Juda menunjukan beberapa contoh foto yang dihasilkan oleh sebuah kamera Smartphone. "milestone kamera smartphone saat ini sudah sedemikian canggih. Kamera smartphone mulai memiliki pengaturan semi manual seperti rentang ISO yang semakin luas, pengaturan shutter speed, bahkan saat ini sudah ada kamera Smartphone dengan format foto .RAW", tutur Juda. Beberapa foto yang ditampilkan di slide show memang jika dilihat sekilas hampir tidak dapat dibedakan dengan kamera profesional.

Talkshow ditutup dengan photo rally di lokasi sekitar Grand Indonesia dan pengumuman pemenang lomba foto baik kategori DSLR dan Smartphone yang diadakan di Instagram. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung sehingga mengedukasi fotografi secara tepat dan benar walaupun kamera yang dimiliki sederhana, seperti kamera Smartphone.


0 komentar:

Posting Komentar