23.10.13

Membawa Kamera HTC One Dalam Berlibur (Tips Traveling)

 Ada beberapa keuntungan sebenarnya memotret dengan Smartphone, pertama Anda gak perlu repot membeli dan bawa-bawa kamera lagi. Menurut survey, alasan terbesar orang membeli kamera adalah untuk traveling. Ke dua, even kita membawa kamera, kita lebih sering meninggalkannya di kamar hotel karena lupa membawanya.

Kelebihan lainnya, kita dapat langsung berbagi dan memamerkan hasil foto kita kepada saudara dan teman-teman kita.



Nah apa saja yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kamera Smartphone saat traveling?

1. Power Issue
Ini jadi momok di Smartphone, apa lagi digunakan secara aktif; telp/sms, sosial media, kamera, pasti membuat battery smartphone semakin cepat habis. Jadi langkah pertama jika ingin menggunakan kamera Smartphone saat berlibur adalah pastikan Anda membawa power bank. Kalau anda berencana menyewa mobil, pastikan juga anda membawa car charger.  Ada baiknya juga Anda mematikan koneksi data/air plane mode saat memotret.

2. Storage Issue
Dulu saya sempat mengalami kejadian ini, lupa mengosongkan storage Smartphone, dan harus berakhir tanpa bisa memotret lagi. Untuk itu sebelum pergi berlibur, sebaiknya Anda memindahkan foto-foto lama Anda dan mengosongkan memori Smartphone. Disarankan juga berjaga-jaga dengan memori tambahan. Selain memori card, Anda juga dapat memanfaatkan flash-disk, mengingat saat ini Smartphone sudah mendukung USB OTG. Anda juga bisa memanfaatkan cloud storage seperti Dropbox atau iCloud, namun pastikan memiliki koneksi yang bagus di hotel.

3. Research
Sebelum berangkat berlibur, saya biasanya akan melakukan beberapa research kecil mengenai tempat tujuan, seperti spot foto yang bagus, jadwal pertunjukan dan event daerah. Ini membantu kita untuk memiliki gambaran tempat yang akan kita kunjungi, juga persiapan-persiapan yang perlu dilakukan.

Misal untuk foto penari Bali ini, saya memastikan kapan dan jam berapa performa ini diadakan, sehingga untuk itu saya dapat datang lebih awal untuk mendapatkan spot terbaik guna memotret.


Sedangkan untuk foto landscape, saya bisa mereka-reka waktu dan spot terbaik untuk memotret nantinya, sehingga saat berada di lokasi, kita tidak perlu bingung untuk mencari spot yang bagus untuk memotret.

4. Setting Kamera
Sebelum pergi memotret, ada baiknya Anda melakukan seting yang diperlukan pada kamera Smartphone Anda, seperti pengaturah ISO, flash, dsb. Saya sendiri menggunakan dua aplikasi kamera, yaitu native kamera dan FV-5. Untuk native saya menggunakan pengaturah Auto, karena ditujukan untuk foto-foto yang memerlukan reaksi yang cepat. Sedangkan pada kamera FV5 gw menyeting pada ISO yang rendah, juga mengunci focus dan exposure untuk mendapatkan hasil foto yang lebih detil dan tajam.


5. Posisi menentukan hasil foto
Jangan pernah menggunakan digital zoom pada kamera Smartphone, karena itu sama saja seperti Anda meng-croping foto. Alih-alih menggunakan zoom, sebaiknya Anda bergerak mendekati objek. Untuk acara-acara adat atau keagamaan, sebaiknya Anda datang lebih awal sehingga lebih leluasa memilih tempat untuk memotret. Pastikan juga anda memperhatikan flash Anda, karena untuk beberapa kegiatan adat/agama, lampu flash akan mengganggu kegiatan.


6. Foto Sebanyak-banyaknya, Sortir Kemudian
Karena belum tentu Anda akan mengunjungi tempat tsb dalam waktu dekat, jadi foto sebanyak-banyaknya, dengan berbagai sudut, posisi landscape dan potrait, mode panorama, dsb. Ingat, jangan sortir saat itu juga, karena Anda akan membuang waktu dan batre. Sebaiknya sortir saat di hotel atau setelah pulang.

7. Kurangi Tidur
Jika Anda masih lebih memilih tidur lebih panjang saat berlibur atau traveling, mungkin Anda harus merelakan moment dan foto-foto bagus untuk dibawa pulang. Waktu terbaik memotret landscape adalah pagi dan sore hari. Selain itu ini juga menyangkut point nomor 5, karena anda Akan kehilangan kesempatan memiliki posisi memotret yang baik jika terlambat datang ke spot.



Ok, segini dulu tips dari saya. Semua foto pada artikel ini diambil menggunakan kamera HTC One. Untuk foto-foto lainnya, Anda dapat mengunjungi Instagram saya dengan ID @johjuda.

Cheers

Nb. klik pada gambar untuk memperbesar.

0 komentar:

Posting Komentar