4.9.13

Memotret Bunga Dengan Smartphone


Bunga adalah objek yang paling sering dipotret, khususnya bagi yang baru belajar fotografi. Alasannya karena bunga adalah objek yang menarik dan cantik, namun tidak memerlukan make up, tidak murung atau mudah menguap. Dan tidak pernah terlambat untuk dipotret.

Selain itu bunga mudah untuk ditemukan, baik di taman, bahkan mudah dan murah ditemukan di toko-toko bunga. Bahkan setelah sesi pemotretan, kamu bisa bilang membelinya untuk pacar kamu. Semua orang akan senang. So, let's start.


TIDAK SEMUDAH YANG KITA LIHAT
photo by @leslie

Kamu mungkin bertanya bagaiaman bisa tidak mudah memotret bunga? Bunga hanya diam bergeming, tinggal dekatkan pada sumber cahaya, lalu 'klik'. Namun sayangnya untuk menjadi ahli di sini, tidak secepat itu menguasai memotret bunga. 
“If you want to take more interesting pictures, you need to stand in front of more interesting stuff.” - Joe McNally.
Jika kamu tidak sering melihat bunga, kamu tidak akan menemukan bagian-bagian yang lebih menarik dari yang biasa orang lihat dari bunga. Jika ada enam orang melihat sebuah bunga, dan mereka diwajibkan untuk memotret bunga tsb, kemungkinan kita akan melihat enam foto bunga yang hampir identik. Namun hasilnya akan berbeda jika kamu sudah terbiasa melihat bunga, kamu tentu akan mencari bagian dan sudut yang lebih menarik dari bunga tsb untuk difoto. Ini berlaku tidak hanya untuk bunga, namun untuk semua objek yang kita senang untuk foto.


The GEAR
Ok, jika kamu ingin expert dalam memotret bunga, ada beberapa gear wajib yang harus kamu miliki. Diantaranya lensa tambahan, khususnya lensa macro. Lensa ini membantu kamu untuk menangkap detil pada bunga yang terlewat dengan mata biasa. Selain lensa macro, saya juga menyarankan untuk memiliki lensa fish-eye. Ini akan memberikan sudut pandang yang menarik untuk memotret bunga.
photo by @roberttanamas

Selain lensa, kamu perlu juga untuk memiliki tripod. Tripod sangat membantu saat kamu melakukan pemotretan dengan menggunakan lensa macro. Karena macro memfokuskan pada detail-detail objek yang kecil, maka sedikit goncangan saja (entah akibat angin, atau gerakan tangan saat menekan shutter) akan membuat foto menjadi blur. Tripod membantu smartphone kamu lebih steady. Biasanya untuk menghasilkan satu foto bunga yang tajam dengan menggunakan lensa macro, perlu belasan hingga puluhan kali jepret.



KOMPOSISI
photo by @si_mario

Seperti foto apapun, menemukan sudut yang tepat belum membuat foto kamu menjadi bagus. Jangan lupa segala sesuatu yang sudah kamu tahu tentang komposisi; rule of thirds, Negative Space, balance, dll. Perhatikan juga background pada bunga. Background yang telalu kompleks dapat mengaburkan POI dari bunga. Biasanya masalah ini sering kita temukan saat memotret bunga di taman. Jadi siapkan kain hitam atau kertas putih saat memotret bunga di kebun atau taman. Background yang polos akan mengisolasi bunga dan membuat foto bunga terlihat lebih 'profesional'.

Fokus pada detail dan tekstur. Ini akan membuat bunga tampil lebih menarik.


BAGAIMANA DAN KAPAN MEMOTRET INDOOR DAN OUTDOOR
Semua mengenai cahaya, apa lagi jika itu menyangkut fotografi dengan kamera smartphone. Sinar matahari langsung dapat menghilangkan detil pada bunga, apa lagi untuk daerah tropis seperti di Indonesia. Jadi jika kamu memilih pemotretan di luar ruangan, perhatikan golden time pemotretan; tidak lebih dari jam9 pagi, dan tidak kurang dari jam4 sore. Lebih baik foto underexposure saat menggunakan kamera digital seperti kamera smartphone, karena akan mempertahankan detil yang lebih baik pada gambar dibandingkan jika foto overexposure.
photo by @adhityawijaya

Jika kamu memilih memotret dalam ruangan, sedapat-dapatnya gunakan sumber cahaya alami dari jendela. Kamu bisa menggunakan gordern atau tirai putih untuk membuat cahaya matahari lebih lembut. Gunakan bantuan lampu untuk menciptakan dimensi pada objek dan kesan yang lebih dramatis.


PROSES MENGEDIT
Ok, tentu bagian ini menjadi pertanyaan khususnya saat menggunakan kamera smartphone, "Apakan foto tsb diedit?". "Jika ya, bagaimana mengeditnya agar menjadi lebih bagus?"

Jawabannya, ya, semua foto di sini diedit, namun tentu kita tidak ingin saat orang melihat foto kita dan mereka berujar, "wah, editan yang bagus!".

Jadi pastikan kamu memiliki foto yang bagus untuk diedit, karena photoshop TIDAK AKAN PERNAH membuat foto jelek menjadi bagus.

Dasar dalam mengedit foto bunga sama halnya seperti mengedit foto objek model, naikan sedikit saturasi dan kontras, maka foto menjadi lebih indah dan tekstur menjadi lebih terlihat. Hindari pengeditan yang berat seperti HDR atau grunge, karena akan menghilangkan keindahan warna dan motif dari bunga tsb. 


Mudah kan? Selanjutnya, mari membeli bunga, dan kita lihat foto seperti apa yang kamu buat. Salam memotret.

0 komentar:

Posting Komentar