21.3.13

Apa Yang Dapat Dilakukan Ketika Tidak Ada Objek Yang Menarik

Selalu ada hari-hari ketika kita ingin memotret tapi kita merasa bahwa tidak ada yang objek yang bagus untuk dibidik. Anda mungkin pernah mengalaminya, atau sedang mengalaminya. Berikut adalah beberapa ide untuk hari-hari seperti itu.




1. Pergi ke Kebun Binatang
Ini tidak harus kebun binatang, namun bisa juga taman, atau bahkan pasar lokal. Intinya di sini adalah untuk keluar dari rumah Anda dan pergi ke suatu tempat di mana akan ada sesuatu yang berbeda untuk potret. Apa yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tempat dan memberikan diri Anda tugas agar membantu Anda untuk fokus. 
courtesy Lean Nasution (@LeanNst

Misal di taman Anda bisa berfokus pada gambar abstrak, atau memotret serangga, bunga dalam mode macro. Dalam pasar lokal Anda bisa mencoba memotret gambar dari produk atau barang-barang yang dijajahkan di sana seolah-olah Anda sedang bekerja untuk meliput makanan lokal untuk sebuah majalah. 


2. Keluar Makan

Fotografi makanan sering kali bisa menjadi menyenangkan dan sangat mudah untuk dilakukan, baik di rumah maupun saat Anda keluar makan. Anda tidak perlu untuk memotret seluruh makanan, Anda bisa memotret beberapa bahan, atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti biskuit atau stroberi. Jangan takut untuk bereksperimen - bermain-main dengan pencahayaan, sudut, jarak dan bahkan panjang fokus.


3. Pergi ke Toko

Anda bisa beranjak ke toko atau cafe, dan mulai memotret di sana. Anda bisa memotret barang-barang yang ada di toko tsb atau ornamen dan interior cafe tsb. Beberapa tempat melarang Anda untuk memotret properti mereka, tapi beberapa lainnya memungkinkan untuk Anda melakukannya.

Ini melatih Anda untuk melihat dan menyeleksi objek-objek yang menarik untuk dibidik, atau sudut-sudut memotret yang menarik untuk objek yang biasa-biasa saja.

4. Keluar ke Jalan



Dengan pergi ke luar ke Jalan bukan berarti Anda harus memotret orang; Street-photography bukan hanya tentang orang, tapi segala sesuatu yang berada di Jalan. Hindari untuk mengambil sesuatu yang cliche. Saat berada di jalan, coba untuk fokus untuk mengambil objek lain selain orang. Anda bisa berlaku seperti layaknya seorang turis, dengan memotret bangunan, landmark, atau mungkin hewan. Hal ini juga membantu Anda untuk memperbaiki mata fotografer Anda ketika Anda mulai mencari gambar atau objek yang lebih kuat. 


5. Hangout bersama Teman

Teman dapat menjadi objek terbesar untuk mempraktekan fotografi. Entah itu dengan hangout bersama mereka atau pergi ke rumah mereka dengan kamera dan memotret potret mereka. Teman umumnya akan mendukung, dan akan senang jika mereka bisa mendapatkan gambar yang bagus untuk digunakan seperti misalnya untuk profile picture media sosial. Memotret teman-teman pada dasarnya bagaimana kita masuk dan belajar mengenai fotografi potret.


6. Self Portrait

Jika teman Anda berhalangan, maka Anda selalu memiliki satu model yang dapat diandalkan dan dapat anda gunakan kapan saja - diri sendiri. Self potret bisa menyenangkan dan menarik. Sekali lagi jangan takut untuk bereksperimen, dan ada baiknya untuk mencoba sesuatu yang baru. Bermain-main dengan pencahayaan, panjang fokus, sudut, bahkan lokasi. Ingat juga bahwa potret diri tidak harus wajah, tapi Anda dapat memusatkan perhatian pada bagian tubuh Anda, seperti, mata, tangan atau kaki.
 
7. Ambil Secangkir Kopi


Atau minuman favorit Anda yang lain, seperti teh, atau beer. Anda bisa mulai menjadikan minuman favorit Anda objek yang menarik untuk dibidik. Mulailah dengan bermain dengan sudut yang berbeda dan pencahayaan jika memungkinkan. Coba bereksperimen dengan berbagai hal, seperti dengan lensa tambahan, filter yang berbeda, aplikasi editor yang berbeda dari yang biasa Anda gunakan. Dan selagi anda menikmati kopi, Anda bisa mulai berpikir mengenai berbagai konsep yang menarik untuk Anda lakukan pada pemotretan berikutnya, atau menganalisa foto-foto karya orang lain yang Anda favoritkan. Anda bisa mencarinya di Flickr, Instagram, dan berbagai media sosial foto lainnya. Anda juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda dengan mencari dan mengumpulkan berbagai artikel fotografi yang menarik.

Ini hanya beberapa ide untuk membuat kita tetap dapat memotret di saat kita ingin memotret namun tidak ada objek yang bagus untuk dibidik. Intinya adalah untuk menjadi kreatif (improve your photography) dan tidak hanya membatasi diri pada hal-hal yang telah kita lakukan sebelumnya. Selamat memotret!

0 komentar:

Posting Komentar