27.3.13

New Photo Sharing App: PhotoChat

Memotret.com berkesempatan untuk mencoba (beta testing .red) satu aplikasi photo sharing dari Paloma, developer asal Australia, nama aplikasinya PhotoChat. Dan karena aplikasi ini masih dalam tahap Beta, sehingga aplikasi ini belum tersedia di Google Play, setidaknya sampai saat posting ini dibuat.


Basically ini aplikasi foto sharing seperti Instagram dan Streamzoo, hanya saja bedanya aplikasi ini lebih private. Kita hanya bisa mengajak dan sharing foto ke teman-teman yang ada di phone book kita. Saat kita mengundang teman-teman yang ada di phone book kita, mereka akan mendapatkan notifikasi undangan dan link melalui SMS.

Saat ini aplikasi hanya dapat didownload melalui invitation SMS. Ini agak merepotkan, karena beberapa kali mengalami kegagalan dalam menerima SMS, maupun saat verifikasi. Diharapkan setelah aplikasi ini muncul di Google Play, akan lebih mudah dalam mendownload.
Tampilan interface Photochat, sederhana.
Bagi yang sudah terbiasa dengan Instagram atau Streamzoo, mungkin awalnya akan mengalami sedikit kebingungan dalam menggunakan aplikasi ini. Walaupun sama-sama photo sharing, namun fungsi aplikasinya sedikit berbeda. Jika pada Instagram dan Streamzoo lebih ditujukan sebagai gallery foto online. Kita mengupload foto di sana agar dapat dilihat banyak orang, difollow dan diapresasi dalam bentuk comments atau likes. Pada PhotoChat, tujuannya adalah 'ngobrol' dengan foto. Banyak hal yang bisa kita obrolkan dengan foto, mulai dari hal yang sederhana seperti baju yang menarik yang kita temui di toko, atau menu makan siang kita, hingga ngobrolin soal foto itu sendiri, seperti step-step editing foto. Kita beri judul room chat kita, upload foto kita, lalu invite teman-teman kita. Teman-teman kita dapat mengomentari bahkan menimpali dengan foto yang lain.

Sederhananya, bayangkan Anda menggunakan Whatsapp atau layanan IM lainnya untuk membuat group chat dan berdiskusi mengenai foto, step-step editingnya, dan lain sebagainya. Namun perbedaannya dengan Photochat, bahwa aplikasi ini menempatkan foto sebagai 'headline-nya'. Dan Anda tidak perlu direpotkan dengan limit orang yang diinvite maupun memori device yang semakin lemot ketika group bertambah ramai, karena semua aktivitas tsb tersimpan secara cloud.
salah-satu room chat yang ada, 'Share Your Sunset'

PhotoChat memungkinkan untuk dapat diatur hanya sharing pada orang-orang tertentu saja. Sehingga kita bisa membuat beberapa group yang berbeda-beda dengan topic bahasan yang berbeda.
tampilan chat box pada Photochat.

Agar menjaga aplikasi ini tetap ringan untuk didownload, diakses, dan berjalan smooth di android lawas, maka Mobitel memtuskan fitur yang biasa hadir pada photo sharing, seperti filters, ditiadakan. Selain itu foto-foto yang diupload mengalami kompresi menjadi sekitar 100-300KB saja.

Aplikasi ini baru hadir untuk OS Android, namun Steve Langkamp (Founder dan CEO Paloma) berjanji aplikasi ini akan segera hadir di iOS dan Blackberry. Yang membanggakan, aplikasi buatan Mobitel ini memutuskan menjadikan Indonesia sebagai negara pertama untuk launching aplikasi ini. Cool!


Salam Memotret!

0 komentar:

Posting Komentar