1.6.11

Membawa Smartphone-Photography dalam Liburan

Sebentar lagi Hari berlibur telah tiba, dan kegiatan yang paling seru untuk mengisi waktu libur adalah traveling. Sering kali kita berpergian keberbagai tempat, melihat kehidupan sosial dan budaya yang berbeda dengan rutinitas kita, juga landmark dan tidak ketinggalan mencicipi kuliner lokal.

Saat traveling juga kita biasanya mengumpulkan dan mengoleksi foto-foto. Tidak jarang foto-foto tsb bukan sekedar dokumentasi perjalanan pribadi kita, tetapi menampilkan sisi artistik kita. Berikut beberapa tips untuk menghasilkan foto-foto traveling yang unik dan menarik.

1. SELALU SIAP


Anda tidak akan bisa menangkap gambar jika meninggalkan kamera anda di hotel. Ah, berita baiknya kita jarang ketinggalan smartphone, dan dengan Android atau iPhone kita bisa mengambil gambar yang baik. Selain itu, tentu juga anda harus menyiapkan diri, karena sering sekali momen yang bagus terjadi secara sepontan. Sehingga dari pada menggunakan berbagai aplikasi, lebih baik anda menggunakan aplikasi camera yang biasa anda gunakan. Terlalu sering keluar masuk aplikasi akan membuat anda kehilangan momen tsb. Ini juga termasuk untuk menseting kamera smartphone anda. Lebih baik memiliki foto yang kurang/kelebihan pencahayaan dari pada tidak menangkap gambar sama sekali.

Selain kamera smartphone, perlengkapannya pendukung juga perlu diperhatikan. Batre adalah hal yang krusial, dan pada beberapa smartphone pengkonsumsian batre lebih boros, pastikan charging penuh smartphone anda. Satu lagi, saat berburu foto, ada baiknya menset offline atau flight mode smartphone anda untuk memaksimalkan konsumsi batre anda, khususnya saat batre mulai sekarat.


2. JANGAN TIRU ORANG LAIN

Suatu waktu saya pernah pergi ke sebuah landmark di Jakarta. Itu sebuah tempat wisata yang populer di Jakarta dan semua orang berebut mengambil posisi, lokasi dan sudut yang sama untuk mengambil gambar. Saya rasa anda pun pernah mengalaminya. Kalo anda menemukan kejadian tsb, itu adalah contoh yang baik untuk tidak melakukan pengambilan foto yang sama pada posisi dan sudut yang sama. Cari sudut yang lain dengan beranjak ke tempat yang lebih tinggi, atau malah sebaliknya, lebih rendah. Atau manfaatkan objek fotografer lain. Intinya temukan perpektif lain, don’t do what others are doing.


3. TIRU FOTO ORANG LAIN
Loh, kok sekarang diminta tiru kembali?
Perbedaannya kali ini siapa yang anda ditiru. Saya merasa beruntung sekali dengan era digital saat ini. Saya dapat dengan mudah melihat foto-foto terbaik dari berbagai tempat wisata yang terkenal, dan itu dengan sangat mudah, bahkan realtime. Seperti yang bisa anda temukan di jejaring foto sosial, seperti picplz.com, instagr.am, dan flickr. Anda tinggal mencari interesting foto di Picplz atau popular foto di instagram, dan anda bisa tiru, pelajari foto tsb, dan kemudian ciptakan karya anda sendiri.


Ada kalanya social photo network ini memberi kita kesempatan untuk hunting foto dan belajar fotografi bersama dengan orang-orang yang lebih advance. Biasanya mereka memiliki sudut pengambilan, feeling dan seting camera yang tepat dan anda dapat mencontohnya.

Saya berkesampatan untuk PixOut (istilah hunting foto bersama dalam komunitas andrografi Fotodroids) di Jakarta dan Banjarmasin, dan sering kali dari member di sina saya mendapatkan ide-ide baru dalam mengambil foto yang bagus.


4. NO PAIN NO GAIN


Dalam traveling kadang kita diperhadapkan dalam situasi yang sulit. Kita punya momen yang baik tapi tahu ada konsukuensi untuk mendapatkan gambar tsb. Ambil contoh saat anda berjalan di pasara tradisional sebuahg tempat yang baru, lalu anda melihat ada seorang penjual yang marah-marah kepada seorang turis yang tidak mengerti bahasa setempat. Lingkungan dan peristiwa tsb menarik dan momennya bagus, tapi ada resiko jika mengambil gambar, karena itu daerah yang baru dan kita tidak tahu dengan pasti apa reaksi penjual tsb jika tahu dirinya difoto.

Sering kali foto-foto yang beresiko seperti ini berakhir dengan hasil foto (dan kisah) yang bagus, tapi apakah kita siap menerima konsukuensi tsb atau tidak. Perhitungan yang matang dan sikap yang cerdas diperlukan untuk keluar dari situasi ini, tentunya dengan membawa foto yang bagus.


5. PENGALAMAN BARU

kendala utama saat mengunjungi tempat wisata terkenal adalah sulitnya mendapatkan gambar yang unik. Namun ada cara lain untuk berlibur sambil bersenang-senang, dan juga memperoleh foto yang bagus. Coba cari tempat berlibur ke daerah yang tidak begitu populer namun menarik bagi anda dan tidak mengurangi kesenangan anda. Biasanya berada di pinggir kota dan tidak jarang agak terpencil Atau bisa anda cari dalam web-web traveling. Tempat-tempat seperti ini memberikan pengalaman yang baru dan mengasikan, dan tentunya juga memberikan beberapa foto yang bagus, menarik, serta unik.


6. MORE STORAGE
Saat berada di tengah liburan, yang sering terjadi ketika kita sedang liburan adalah tidak sadar berapa ratus foto yang telah kita ambil dan lupa mengecek sisa storage kita, diakhiri memilah kembali foto-foto yang telah kita ambil dan sering kali itu menjadi pilihan yang sulit.

Bagaimana di android dan iPhone?
Kita sangat berterima kasih denga gadget canggih ini. Kelebihan smartphone memungkinkan kita untuk menyimpan foto-foto kita langsung secara online ke web storage kita, beberapa diantaranya Picasa dan Dropbox. Jadi pastikan anda sudah memiliki acc server storage sebelum anda berlibur, sehingga tidak perlu lagi direpotkan dengan kurangnya memori storage anda.




Enjoy your holiday!

semua foto menggunakan smartphone (android dan iphone4) dan merupakan sumbangan dari @yopiesuryadi @LeanNst dan @johjuda.

0 komentar:

Posting Komentar