2.2.11

Trik: Mengatur Panjang Fokus pada Kamera Phone


Sambil duduk menunggu redanya hujan, gw kepikiran buat bagi tips menarik mengambil gambar dengan smartphone. Sebenarnya ini tips lama sih, cuma mungkin aja ada dari antara kamu yg belum tahu kan.

Salah-satu hal penting dalam kamera adalah fokus. Ini membuat sebuah gambar menjadi lebih detil. Selain itu fokus yg dapat diatur menambah keindahan sebuah foto. Berbeda dengan kamera analog atau digicam yg lensanya dinamis, pada kamera smartphone kameranya statis, sehingga sulit untuk bisa mengatur focal length (panjang fokus) untuk membuat objek fokus atau defokus.

Memang di android sudah ada beberapa aplikasi untuk membuat trik semacam ini. Hanya saja cara kerjanya dengan memblurkan bidang lain ruang tajam yg kita inginkan. Hasilnya tidak bisa dibilang jelek, hanya saja hasilnya kurang alami.
menggunakan tilt-shift pada aplikasi Camera 360 Android
Nah, pada tips kali ini gw akan membagikan cara mengatur panjang fokus pada kamera smartphone. Asal kita tahu cara kerja kamera smartphone, kita dapat mengatur jatuhnya fokus.

Pertama, sampai tulisan ini dikeluarkan, camera pada smartphone hanya memiliki satu titik fokus. Belum ada kamera handphone atau smartphone yg memiliki lebih dari satu titik fokus. Kedua, cara kerja fokus pada kamera smartphone biasanya memfokuskan pada object pada bidang di tengah kamera dengan ruang tajam yg cukup luas, baik objeknya jauh maupun dekat.
biasanya seperti ini hasil auto focus kamera smartphone
Dengan bekal di atas, kita dapat mengatur panjang fokus, atau istilah gw, 'menipu lensa'.

triknya

Siapkan alat bantu berupa buku, atau kertas putih. Gunanya untuk memancing fokus, menghalangi fokus jatuh pada benda dibelakang objek.

Tempatkan penghalang persis dibelakang objek yg ingin difokuskan.

Tahan setengah tombol shutter hingga kamera mulai mencari fokus. Setelah fokus kamera locked/terkunci, angkat penghalang fokus (berupa kertas atau buku) dan tekan tombol shutter secara penuh.

Umumnya device android tidak memiliki tombol shutter ter-dedicated. Tidak masalah, prinsipnya sama saja. Tekan tombol shutter pada touch screen, saat layar kamera mengunci fokus, angkat penghalang.
Voila!!
Ada kalanya justru fokus kamera smartphone secara default mencari objek terdekat dengan kamera, mirip mode macro pada digicam. Jika ini yg terjadi pada smartphonmu, trik di atas tinggal kamu balik. Pertama, bidik objek terjauh yg ingin kamu ambil. Setelah fokus terkunci, tempatkan objek ke dua di depan kamera. 

kunci fokus pada objek terjauh

tempatkan objek ke dua persis sebelum 'click'

tipsnya

  1. Cari penghalang fokus yg berwarna polos atau tidak banyak warna dan motif.
  2. Karena konsentrasi kita terbagi antara kamera dengan penghalang, jadi pastikan tangan anda tidak goyang saat mengangkat penghalang fokus.
  3. Trik ini hanya berlaku untuk kamera smartphone yg memiliki auto fokus. Tapi kayaknya semurah-murahnya android, gak ada yg gak punya auto fokus.
  4. More practice make perfect!


Selamat mencoba!




n.b Hanya saja pada model android terbaru, seperti HTC Desire HD, kameranya secara default telah mampu mengatuh titik fokus. Jadi gak perlu repot seperti ini :)

3 komentar:

  1. saya pake Hero, ada pengatur fokus mau dimana, hasilnya memang agak mirip. tapi tetep blur-an pake trik ini.

    BalasHapus
  2. Iya, soalnya pada Hero bukan menggunakan fokus kamera, melainkan aplikasi bluring seperti yang dimiliki Little Photo.

    Kalo mau lebih mudah sebenarnya bisa gunakan camera 360 dengan pengaturan pre focus. Saat ditap pertama arahkan pada bida yang ingin dibuat tajam, begitu sudah terkunci, geser secara perlahan pada objek yang ingin dibuat defocus, kemudian tap kembali untuk mengambil gambar. Secara masive focus akan mengunci pada bidang yang pertama.

    Thanks sudah meninggalkan comment :)

    BalasHapus
  3. wuih mantap tipsnya! ijin share ya..

    BalasHapus